Cara Cek Koil Mobil Yang Tidak Berfungsi Bagus

Cara Cek Koil Mobil - Pernahkah Anda mengalami kejadian ketika Anda sedang mengemudi mobil Anda kemudian mobil tersebut mendadak tidak bisa berjalan. Anda mungkin bingung dan panik menghadapi situasi tersebut. Pertama sekali yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan koil mobil Anda. Apakah Anda tahu mengenai koil mobil? Koil merupakan salah satu dari komponen mobil yang merupakan sumber dari pengapian mobil. Anda dapat mengindikasikan koil rusak sebelum melakukan pengecekan dengan tanda mobil Anda akan berjalan tersendat-sendat. Mobil akan susah dihidupkan pada pagi hari, dengan tanda tersebut Anda bisa melakukan cara cek koil mobil untuk memastikan kerusakan dari koil mobil Anda. 


cara pasang koil mobil,koil mobil ke vespa,cara pasang koil mobil di motor,harga koil mobil,koil mobil panas,koil mobil dipasang di motor,fungsi koil mobil,harga koil mobil suzuki,

Baca juga : Cara Cek Kecepatan Speedy Telkom

Dengan memeriksa dan memahami kondisi mobil Anda maka Anda bisa menangani mobil Anda dengan lebih cepat. Karena koil mobil ini berkaitan dengan busi mobil yang memiliki fungsi dalam pengapian bahan bakar mobil. Ada beberapa cara dalam melakukan cek koil mobil yang sedang rusak, untuk itu diperlukan keahlian yang khusus karena tidak semua paham akan mesin mobil. Trik ini bermanfaat bagi Anda yang memahami seluk beluk mobil dan komponen mobil. Bagi Anda yang tidak mengerti akan komponen mobil, alangkah baiknya untuk segera memasukkan mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Cara cek koil mobil yang rusak bisa Anda lakukan dengan beberapa langkah sederhana

1. Periksa koil mobil Anda secara detail

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa kondisi koil mobil Anda masih berfungsi dengan baik atau tidak. Anda bisa melakukan pengecekan koil dengan meletakkan kabel koil mobil Anda ke mesin mobil. Kemudian Anda bisa melakukan starter mobil, jika ada percikan api yang keluar maka kondisi koil mobil Anda masih dalam kondisi bagus. Namun, jika distarter tidak mengeluarkan percikan api, maka koil mobil Anda dalam keadaan yang kurang baik atau bagus. 

2. Mobil akan susah untuk hidup

Cara untuk mengecek kondisi koil yang masih bagus atau sudah lemah adalah dengan melakukan pengecekan mobil Anda pada saat dihidupkan. Ketika mobil Anda susah untuk dihidupkan, maka salah satu penyebabnya adalah koil mobil Anda sudah dalam keadaan yang kurang bagus atau lemah. Jika kondisi seperti itu, Anda bisa mendinginkan mobil terlebih dahulu atau dengan mendinginkan koil dengan lap dingin selama beberapa menit.

3. Mobil akan berjalan dengan tersendat-sendat

Hal ini dikarenakan mesin mobil tidak sempurna dalam proses pembakarannya sehingga akan menyebabkan mobil berjalan tersendat-sendat. Anda bisa mengganti koil dengan yang baru di bengkel terdekat atau tutup sementara dengan lakban hitam jika terdapat kebocoran. 

4. Ada percikan api

Percikan api bukan merupakan masalah yang berarti, namun bisa berbahaya jika terdapat bensin yang bocor yang dapat menyebabkan kebakaran. Jika terdapat kondisi seperti itu, ada baiknya Anda langsung mengganti koil dengan yang baru. 

Cara cek koil mobil yang sudah rusak dapat memberikan Anda informasi seputar permasalahan mobil ketika diperjalanan tiba-tiba mobil Anda mendadak berhenti berjalan.