Tips Mudah Cara Cek BPKB Online Untuk Cek Keaslian BPKB

Cara Cek BPKB Online untuk mengecek keaslian kendaraan. BPKB merupakan singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan mobil ataupun motor. BPKB inilah yang nantinya menjadi bukti resmi bahwa kendaraan yang dimiliki merupakan kendaraan legal milik Anda, dan bukan termasuk barang ilegal seperti hasil rampok atau curian. Akan tetapi, saat polisi melakukan razia di jalanan tentu kita tak usah mengeluarkan surat BPKB tersebut, kita hanya perlu menunjukkan STNK saja karena telah mewakili asli atau tidaknya kendaraan yang dimiliki. 


cara cek bpkb dan stnk online,cara cek bpkb motor online,cara cek bpkb mobil asli,cara cek bpkb sudah jadi,cek bpkb online jawa timur,bpkb online ,cek bpkb online,cek bpkb online bekasi,

Baca juga : Cara Cek Bonus XL

Untuk Anda yang hendak membeli sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor maka perlu sekali mengecek keaslian BPKB yang dimiliki oleh orang yang menjual kendaraan tersebut. Hal ini dikarenakan, tak sedikit pihak yang menyalahgunakan BPKB untuk menjual kendaraan-kendaraan ilegal, hasil curian maupun hasil rampasan. Namun, untuk mengetahui keaslian BPKB dengan mudah Anda bisa mencoba cara cek BPKB online. Jika Anda ingin mengecek keaslian dari BPKB yang dipakai oleh orang-orang yang menjual kendaraan.

Ada Beberapa Ciri-Ciri Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Berikut

  • Tinta perak

Pertama-tama, kita lihat fisik BPKB itu sendiri dimana untuk BPKB asli biasanya memiliki ukuran sebesar 17 x 12 cm berbentuk buku, yang sampulnya terbuat dari bahan kulit dengan warna biru dongker. Selain itu, tulisan pun biasanya ditulis dari tinta warna putih perak dan terdapat nomor BPKB yang sah. Hindari BPKB yang berbentuk fotokopi. Agar lebih cepatnya bisa memanfaatkan cara cek BPKB online.
  • Cek catatan panjak kepolisian

Mengecek isi dari BPKB tersebut dengan teliti. Lihat apakah ada catatan tentang perubahan atas kepemilikan kendaraan, identifikasi kendaraan bermotor, catatan mengenai pelunasan pajak, keterangan pabean, dan catatan pejabat dari kepolisian lalu lintas. Apabila Anda tak menemukannya sudah pasti BPKB tersebut adalah palsu. 
  • Ada watermark

Warna dasar surat BPKB berwarna kelabu-abuan dengan terdapat sebanyak 22 halaman yang juga memiliki tanda air atau watermark. BPKB asli juga memiliki warna yang tidak kasat mata dilengkapi benang pengaman layaknya hologram.

Adapun Dengan Online Sendiri, Anda Bisa Memanfaatkan Situs-Situs Di Bawah

  • Untuk Anda yang termasuk warga Jawa Barat, bisa melakukan pengecekan melalui situs www.dispenda.jabarprov.go.id bisa juga memakai SMS dengan cara ketik format seperti: poldajbr (spasi) plat nomor kendaraan kemudian kirim ke nomor 3977.
  • Untuk Anda yang termasuk warga DKI Jakarta, bisa mengunjungi situs www.samsat-pkb.jakarta.go.id, untuk layanan SMS sendiri bisa mengetik SMS dengan cara ketik format seperti: METRO (spasi) plat nomor kendaraan lalu kirim ke nomor 1717.
  • Bagi Anda yang termasuk warga Jawa Timur, bisa mengunjungi situs www.esamsat.jatimprov.go.id untuk layanan SMS sendiri dengan cara: ketik JATIM (spasi) plat nomor kendaraan lalu kirim ke nomor 7070.

Ya, demikianlah tips cara cek BPKB online dengan mudah dan efektif untuk Anda gunakan. Semoga bermanfaat!