Ini Dia Cara Cek Driver Komputer yang Belum Terinstal

Cara Cek Driver Komputer - Berikut ini akan dibagikan tips mudah cara cek driver komputer. Bagi Anda yang baru saja melakukan instal ulang komputer Anda, pastikan untuk mengecek driver yang belum terinstal. Jangan sampai ada yang terlewatkan karena dapat mengganggu kinerja komputer Anda. Driver yang belum terinstal tentu tidak dapat digunakan, contohnya saja sound atau suara. Jika driver untuk file audio belum Anda instal, maka komputer Anda tidak akan menghasilkan suara atau sound. Begitu pun untuk driver lain, jika tidak terpasang pada komputer maka komputer tidak dapat bekerja seharusnya.

cara cek driver wireless laptop,cara cek driver vga laptop,driver sound card,driver laptop online,driver di ubuntu,driver windows 7,cek driver online,cek driver otomatis,

Baca juga : Cara Cek Domain Yang Masih Tersedia Secara Mudah

Cara Mudah Mengecek Driver Dntuk Mengetahui Driver Apa Yang Belum Terinstal

1. Klik kanan pada Computer

Masuklah ke Windows Explorer pada komputer Anda lalu Anda akan menemukan ikon Computer. Klik kanan pada Computer lalu akan muncul beberapa pilihan, pilihlah Properties. 

2. Klik Device Manager

Setelah mengklik Properties maka akan muncul halaman baru, carilah ikon Device Manager. Klik pada Device Manager tersebut, pastikan untuk tidak salah mengklik. Cukup klik saja (klik kiri), tidak perlu mengklik kanan pada Device Manager.

3. Lihat tampilan

Jika Anda sudah mengklik Device Manager maka akan muncul tampilan baru. Dari tampilan tersebut, lihat dan perhatikan setiap tanda yang diberikan. Setiap driver yang belum terinstal akan menunjukkan tanda seru dan berwarna kuning. Sedangkan driver yang sudah terinstal maka akan menunjukkan ikon tanpa tanda seru.

4. Lakukan update

Sampai di sini, cara cek driver komputer yang belum terinstal sebenarnya sudah selesai. Hanya saja, jika Anda ingin melanjutkan untuk menginstal driver tersebut maka lakukan update. Caranya sangat mudah, klik kanan pada driver yang masih bertanda seru lalu pilih Update Driver Software. Untuk melakukan update, Anda harus tersambung dengan koneksi internet. 

5. Klik Search automatically for update software

Langkah berikutnya yaitu pilih atau klik Search automatically for update software. Jika sudah, maka komputer secara otomatis akan mengupdate driver yang belum terinstal. Jika proses sudah selesai, driver tersebut sudah terinstal dan sudah dapat digunakan. Coba lihat dan perhatikan tanda yang ada, jika proses berhasil maka tanda serunya akan menghilang.

Jika Anda tidak ingin melakukan update, maka cukup lakukan langkah-langkah tersebut sampai langkah 3. Sampai pada langkah 3, Anda sudah selesai melihat atau mengecek driver yang sudah dan yang belum terinstal. Namun jika Anda ingin sekaligus mengupdate driver tersebut, silakan lakukan semua langkah-langkah yang telah disampaikan. Jika ada beberapa hal yang tidak dapat digunakan pada komputer Anda, pastikan untuk mengecek drivernya terlebih dahulu. Terutama jika komputer Anda baru saja diinstal ulang, kemungkinan ada beberapa driver yang terlewatkan. Sekian dan semoga informasi mengenai cara cek driver komputer ini dapat menambah wawasan Anda.