Cara Cek Daftar Tunggu Haji Secara Online

Cara cek daftar tunggu haji secara online. Biasanya menjelang Ramadhan, setiap orang yang berkemampuan naik haji sudah mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar haji. Untuk mengetahui daftar tunggu haji sendiri bisa dilakukan secara online, tanpa harus mendatangi langsung kantor penyelenggara haji ataupun kantor Kementerian Agama. Dengan sistem online ini, maka Anda bisa lebih mudah mengecek informasi apapun tentang keberangkatan haji. Seperti kita ketahui, haji merupakan rukun Islam yang kelima, dan hukumnya adalah wajib bagi orang-orang yang mampu secara materi.

cara cek daftar tunggu haji online,daftar tunggu haji online,daftar tunggu haji jawa tengah,nama daftar tunggu haji,daftar tunggu haji jawa barat,daftar tunggu haji,daftar tunggu haji jawa timur,

Baca juga : Cara Cek Cendol di Kaskus Forum

Jika kita perhatikan dengan seksama kenyataannya, jumlah calon dari jamaah haji ini sebenarnya sudah terdaftar di bagian data Kementerian Agama RI karena telah mengantri sampai dengan tahun 2021. Adapun waktu untuk keberangkatan haji pada tahun 2021 sendiri merupakan calon haji dengan pendaftaran dimulai sejak 2012-2013. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada kenyataannya, kita bisa membuktikan dimana sudah banyak umat Islam yang ada di Indonesia yang telah mampu beribadah haji di Mekah. Semakin panjangnya nama-nama atau daftar orang yang tunggu haji maka pihak Arab Saudi pun akhirnya memotong kapasitas jamaah haji hingga sebesar 20%. Anda pun bisa melakukan cara cek daftar tunggu haji secara online dengan mudah.

Bagi Anda yang memang sedang menunggu daftaran untuk naik haji, ada beberapa cara cek daftar tunggu haji untuk mengetahui kapan Anda melakukan pemberangkatan haji khususnya untuk Anda yang sudah mendaftar haji. Adapun nomor antrian untuk keberangkatan haji sendiri didapatkan ketika seseorang telah melunasi BPIH atau biaya setoran di awal.

Ini dia cara mengecek daftar tunggu haji yang bisa Anda lakukan berikut ini

1. Kunjungi situs Kementrian Agama

Pertama-tama kunjungi dan akses situs resmi dari penyelenggara haji terlebih dahulu, yang telah dikelola oleh pihak Kementerian Agama Republik Indonesia dengan alamat: www.haji.kemenag.go.id. Melalui halaman situs inilah, maka Anda dapat memperoleh segala informasi tentang haji, termasuk daftar untuk tunggu haji.

2. Pilih basis data

Kemudian langkah cara cek daftar tunggu haji berikutnya adalah pilih “Basis Data”. Lalu ketikkan nomor antrian yang telah didapatkan dari penyelenggara haji sebelumnya, lalu klik “Cari”. 

3. Lihat penjelasan

Halaman berikutnya maka akan terdapat data diri lengkap calon jamaah haji, untuk barisan teratas terdapat nomor porsi atau antrian dengan nama lengkap yang diikuti oleh data-data lainnya. Adapun daftar tunggu untuk naik haji sendiri dapat diketahui di halaman tersebut, setelah data diri atau riwayat dari calon jamaah haji tersebut. Adapun penjelasannya biasanya berupa tahun keberangkatan beserta nomor urutan kabupaten dan provinsi. Untuk penjelasan dari tahun keberangkatan berupa tahun hijriah, misalnya saja untuk tahun keberangkatan haji Anda dinyatakan tahun 1436 H, jika dikonversi menjadi tahun 2016.

Nah, itulah cara cek daftar tunggu haji mudah dan simpel melalui online. Selamat mencoba!