Cara Cek BPOM Untuk Cek Keamanan Produk

Cara Cek BPOM - Agar dapat mengetahui standar keamanan produk minuman, makanan hingga obat-obatan tentu kita harus mengetahui bagaimana cara cek BPOM itu sendiri. BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, yang bertugas untuk mengawasi keamanan produk-produk makanan maupun minuman sebelum dipasarkan ke masyarakat umum. Akan tetapi, pada kenyataannya masih saja ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang memalsukan kode BPOM sehingga bisa terjual dengan bebas di pasaran. Produk-produk yang belum dilegalisasi oleh BPOM sendiri merupakan produk yang belum layak di jual di pasaran. Untuk itulah, setiap konsumen wajib berhati-hati terhadap penipuan produk yang dijual di pasaran dengan selalu mengecek keaslian BPOM.


cara cek bpom kosmetik,cek bpom cream sari,cek bpom cream rd,cek bpom jamu,cek bpom dr pure,cara mengecek bpom kosmetik,cara mengecek bpom asli atau palsu,

Baca juga : Cara Cek BPKB Online

Ada Beberapa Langkah Cek BPOM Yang Bisa Anda Lakukan

1. Melalui internet

Bagi Anda yang ingin mengetahui keaslian nomor BPOM yang tertera dalam kemasan sebuah produk, maka Anda bisa menggunakan cara mudah melalui internet. Cukup dengan mengakses situs resmi itu sendiri, melalui alamat ini: www.pom.go.id. Akan tetapi, pastikan Anda telah mencatat kode yang tertera pada produk yang akan dibeli. Lalu ketikkan nomor kode BPOM yang tertera pada kemasan produk tersebut. Jika setelah Anda mengetikkan nomor kode yang tertera di produk tadi ternyata tidak mendapatkan informasi apapun tentang produk tersebut, maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut tidak berlisensi atau tidak terdaftar. Anda juga bisa mengetahui produk mana saja yang telah mempunyai nomor registrasi dari BPOM.

2. Pengecekan kemasan

Meskipun melalui pengecekan kemasan ini masih belum bisa dipastikan, namun cara ini bisa digunakan apabila Anda benar-benar harus menggunakannya. Anda bisa melihat kemasan dari produk minuman atau makanan yang dibeli. Biasanya di bagian belakang kemasan produk tertera kode registrasi BPOM. Jika memang terdapat kode BPOM, Anda bisa membelinya. Jika tidak, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli produk tersebut.

3. Pengecekan langsung ke Balai POM

Yang satu ini memang tergolong ribet, dan tentunya Anda harus membeli terlebih dahulu produk yang akan dicek kemasannya. Karena tak mungkin Anda membawa produknya langsung, jika tidak membelinya di swalayan atau tempat produk itu dijual. Namun, jika Anda punya maka Anda bisa memakai sampel produk minuman maupun makanan yang akan dibeli dan membawanya langsung ke Balai POM terdekat di tempat Anda. Dengan begitu pihak terkait, akan langsung mengecek nomor atau kode registrasi yang tertera pada produk tersebut.

Nah, itulah beberapa tips cara cek BPOM untuk mengetahui segi keamanan suatu produk untuk dikonsumsi. Semoga membantu!