Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Tempat Kamu Kuliah

Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi - Musim penerimaan CPNS kembali lagi berhembus dengan kencang. Kabar burung menyatakan bahwa pada tahun ini akan kembali lagi diadakan seleksi penerimaan calon abdi negara. Bagi kamu yang memang berminat untuk mendaftarkan diri dan bergabung dengan ribuan pendaftar lain, harus mulai mempersiapkan segala persyaratannya, salah satunya adalah akreditasi perguruan tinggi layaknya tahun lalu yang mengharuskan peserta untuk melampirkan akreditasi perguruan tinggi sebagai syarat pendaftaran. Lalu, bagaimana cara cek akreditasi perguruan tinggi untuk melihat akreditasi dari universitas kamu.
Untuk melihat akreditasi perguruan tinggi kamu bisa melakukan beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa mendatangi langsung kampus kamu dan bertanya pada bagian administrasi kampus untuk mendapatkan surat akreditasi. Atau kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengunjungi situs dari kementerian pendidikan untuk mengetahui secara langsung akreditasi dari perguruan tinggi kamu, bahkan jurusan yang pernah kamu tempuh dengan hanya menggunakan satu klik saja.

Akreditasi perguruan tinggi dijadikan sebagai salah satu syarat dari penerimaan CPNS, namun tidak semua kementerian membutuhkan surat akreditasi sebagai syarat untuk mendaftar di tempat mereka. Yuk cari tahu akreditasi perguruan tinggi kamu dengan cara melakukan pengecekan melalui internet.

Berikut Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Dengan Beberapa Langkah Mudah

1. Buka situs BAN PT

Pertama sekali kamu perlu membuka situs BAN PT dari kementerian pendidikan. Situsnya adalah http://ban-pt.kemdikbud.go.id/. Jika kamu belum tahu mengenai BAN PT, kamu bisa melihat penjelasan BAN PT yang merupakan sebuah lembaga negara yang diberikan kewenangan oleh pemerintah sebagai lembaga yang mengurus dan memberikan akreditasi kepada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Ada beberapa syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan akreditasi sebagai peningkatan mutu dari perguruan tinggi.

2. Lihat akreditasi di kolom pencarian

Setelah kamu membuka situs BAN PT kamu bisa mencari link mengenai akreditasi perguruan tinggi, atau kamu bisa langsung mengetikkan alamat berikut http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php. Setelah link muncul kamu dapat mengetikkan di kolom pencarian tentang perguruan tinggi kamu. Contohnya kamu mengetikkan Universitas Gajah Mada, maka mesin pencarian akan mencari otomatis akreditasi yang diraih oleh Universitas Gajah Mada tersebut. Kamu dapat melihat jurusan yang pernah kamu tempuh mendapatkan akreditasi berapa dari BAN PT.

Setelah kamu melihat status akreditasi perguruan tinggi kamu, kamu bisa meminta surat pernyataan akreditasi kepada pihak kampus kamu sebagai salah satu syarat kamu untuk mengikuti seleksi calon abdi negara. 

Dengan melakukan pengecekan perguruan tinggi, kamu bisa mengetahui tingkat akreditasi dari kampus yang pernah kamu tempuh. Untuk Indonesia kampus yang bagus telah memiliki tingkat akreditasi A, disusul dengan perguruan tinggi dengan tingkat akreditasi B dan C. Bagaimana? Cukup mudah bukan cara cek akreditasi perguruan tinggi dengan melakukan pengecekan melalui internet. Tips ini berlaku juga bagi kamu yang mau melanjutkan kuliah untuk melihat perguruan tinggi yang bagus untuk dimasuki.